Cerita Misteri di Sarijadi

Cerita misteri? Cerita misteri di Sarijadi? Jujur, selama ini saya belum pernah mengalami cerita misteri di mana pun, termasuk di Sarijadi. Jadi, cerita misteri di Sarijadi ini bukan merupakan pengalaman saya. Saya menceritakan kembali cerita misteri ini menurut penuturan teman saya beberapa waktu yang lalu. Itu pun sudah lama, tahun 1990-an. Cerita misteri di Sarijadi ini pun merupakan satu-satunya cerita misteri di Sarijadi yang pernah saya dengar.

Begini ceritanya. Pada suatu malam, teman saya sedang nongkrong bersama teman-temannya. Biasalah, ngobrol ngalor ngidul sambil bermain gitar. Tiba-tiba salah seorang dari mereka ingin buang air kecil (kencing). “Saya mau kencing dulu ya?” ujar si A. Si B menjawab, “Di sana saja” sambil menunjuk ke sebuah rumah. Rumah ini memang terbuka, bukan rumah kosong seperti cerita-cerita misteri lainnya.

Sekembalinya dari kamar mandi, si A mengatakan, “Kenapa ya, ibu itu masih ada di sini? Kan beberapa hari yang lalu sudah pergi?” Maksud pergi di sini yaitu pindah tempat dalam arti yang sebenarnya. Lalu si B menjawab, “Ibu yang mana? Ibu itu kan sudah meninggal?”.

Seperti biasalah, merinding di antara mereka. Ceritanya memang singkat karena cerita yang sedikit itulah yang diceritakan oleh teman saya.

{Dialog-dialog dalam cerita tadi sengaja saya terjemahkan dari bahasa Sunda karena cerita aslinya memang ngobrol dalam bahasa Sunda. Selain itu, alamat rumah sengaja saya tidak sebut.}

19 Comments »

  1. 1
    bambang Says:

    . …. sempat saya bertanya kepada temen saya yang bapaknya waktu itu sebagai salh seorang calo tanah sarijadi .. .. dia cerita kalo sarijadi dahulunya merupakan astana gede.. (kuburan besar) dia menggambarkan kira-kira seperti ini : di sarijadi waktu itu terdapat curug di dekat Flat blok H dan jalan ,, sebagian merupakan ladang tanaman sayuran palawija, alang alang, petakan sawah, beberapa tempat merupakan pekuburan..
    kini pekuburan yang masih tersisa yakni : kuburan Cibarunai, kuburan cibogo (dekat sekolah sukawarna), sekolah sukawarna sebagian besar merupakan kuburan hingga kantor kelurahan sukawarna,.. pekuburan tua, dengan dinding kuburan yang sudah berlumut,..,
    kuburan di pojok sarijadi blok 24 (pasar cibogo), di pasar cibogo ada beberapa kuburan tua juga yang kini tentunya udah dipindahkan..,
    di blok 24/ cibogo ini terdapat banyak komplek kuburan kecil2 sekitar 10 – 20 kuburan.. kini sudah tidak boleh menguburkan disana..,
    pekuburan di SD ciwaruga yang kini telah di jadikan masjid, kalo dulu jalan ke sana jam 6 sore agak-agak merinding juga..

    cerita misteri di sarijadi , pada waktu waktu tertentu di daerah sekitaran cibogo dan sarijadi, isu kemunculan kuntilanak yang mendatangi beberapa deretan rumah dekat kami tinggal,.. kemunculan ini mungkin sekitar seminggu atau 2 minggu berlangsung walau tidak tiap hari.. karena dari tetangga atau tukang baso yang lewat malem pernah menyaksikan keberadaan hantu ini.. seorang tetangga bercerita dia mengintip dari balik jendela ke depan rumahnya, dia melihat perempuan berambut panjang, berkain putih duduk dipinggir kolam sampil memainkan air kolam,.. seorang tukang baso (dulu suka ada yang ngider malem ) pernah menyaksikannya … dan saya sendiri pernah mendengar ketawanya aja c,..

    ceritanya : waktu itu malem idul adha, saya dan teman ngobrol di kamar saya di lantai 2, tiba-tiba percakapan kami dihentikan karena ada wanita yang menangis,.. kami berdua mendengar suara dari arah yang berbeda.. teman saya menganggap dari sebelah tembok kamar belakang, tapi justru saya merasa ada di samping kamar.. kemudian dengan penasaran saya mencari asal suara, dan menanyakan ke saudara2 ” apakah ada yang mendengar orang yang menangis ?”, mereka menjawab “tidak ada, disini tidak ada yang menangis”.. dan saya kembali menuju teman saya, lalu mengobrol asik lagi.. dan ternyata suara tangisan ini semakin keras,…. dengan rasa penasaran lalu saya ikutin lagi suara itu… mula-mula dari kamar samping.. saya menuju kesana, .. suara itu berpindah ke ruang sebalah , ruang semi teras berdinding kaca, lalu saya ikutin lagi… dan suaranya kembali berpindah di balik jendela kaca (lantai 2).. saya ikutin dan tak nampak sedikitpun wujudnya… lalu saya perhatikan detail.. tidak ada apapun.. tapi suara tangisan kecil itu tetap terdengar.. saya perhatikan di atap bubung genteng tetangga.. mungkin disitu …perhatikan dengan seksama …. tiba-tiba suara itu terdengar sangat jelas sekali .. suara kuntilanak tertawa dan melayang dari arah yang saya perhatian tadi mendekati kesamping kiri atas arah saya bediri .. hi hi hi hi….. suara yang sangat jelas dan membuat bulu kuduk berdiri.. lalu suara itu melayang menjauh..
    kejadian ini hanyalah kejadian kecil dari banyak kejadian di sekitar wilayah kami…
    isu ini hampir terjadi mungkin 3 – 4 kali selama saya di sarijadi..

    kemunculan genderewo (cerita teman), pocong dll, .. bahkan waktu kecil kebetulan pengen liat orang yang di kubur,.. tiba-tiba saya menyelinap diantara orang yang akan menguburkan.. saya melihat mayat yang dikuburkan itu… ketika di gotong ke dalam liang lahat ( arek di kurebkeun) tiba-tiba mayat itu tersenyum ..tapi senyumnya sangat menakutkan dan matanya pun melotot.. mengerikan sekali… lalu dengan cepat saya menghindar dan lari ke rumah.. selama 4 hari saya di ikuti rasa takut yang berlebihan.. hingga hari ke 4, ayah saya membacakan mantra di telinga sambil memijit telinga dengan bawang., sejak saat itu… kehidupan kembali normal.. tanpa rasa takut yang berlebihan.. ( kalo diinget-inget.. boeh ato kain kafan.. kan belum di buka ketika di gotong itu.., baru kalo udah di dalam liang lahat, kain penutup dan tali dibuka semua…).. cukup mengherankan.. dan hanya saya saja yang melihatnya ari kerumunanan orang disitu….

    jalan depan perempatan antara blok 11, merupakan daerah yang paling rawan,.. mungkin di jalan itu yang kecelakaan lebih dari 5 kali.. termasuk, saya sendiri kecelakaan di tempat itu (kejadiannya jam 1 malem ).. hehe.. ….( orang depan rumah jalan keluar dan menyaksikan kami tergeletak di jalan… itu dia bilang… “oohhhh .. udah biasa”, lalu dia dengan santai masuk kerumahnya ).. , seseorang yang menyaksikan dan sambil berlalu bilang..” cep, didideu mah tos seeur nu tabrakan”.. … dalam hati saya bilang ” shiiiittttt”…. hehe.. . motor yang saya kendarai tabrakan dengan motor seseorang dari gegerkalong, memang waktu itu saya sedikit mengantuk.. xixi.. ketika baru sadar bahwa saya udah jatuh dari motor.. saya sigap (hehe)..lalu menghampiri orang yang bertabrakan dengan saya, saya bilang ke dia ” tong macem-macem di wilayah sarijadi, aing nu megang wilayah ieu”, (nampaknya orang itu shock, rada ketakutan kena goss) .. sembari menahan rasa sakit… haha… kemudian kedua saling memeriksa motor masing2.. singkat cerita kami berdua menuju rumah saya.. kemudian menjadi akrab.. xixi,.. pulangnya orang yang bertabrakan dengan saya tadi, di bekelan 10 rebu.. hahaha… (harita mah lumayan mereuunn jang ngudud) ..

    • 2

      Jadi seremmm mendengarnya….

      Menarik, Kang, ceritanya. Sebagian besar ceritanya, saya baru tahu.

      Astana gede (makam/kuburan besar)? Saya ragu, tetapi boleh jadi, betul, soalnya saya belum tahu he he he. Saya katakan “betul” karena saya sudah tahu lokasi makam-makam tersebut. Tapi, masa iya sih sejumlah kecil makam tidak dipindahkan. Tanggung. Kalau di Cibarunai mungkin tidak, karena makamnya banyak dan (buktinya) sekarang sudah menjadi pemakaman umum. Tapi, sekali lagi, cerita itu boleh jadi betul. [Ohya, tentang makam di Blok 24, saya malah membahas Terminal Sarijadi. Sekarang, di sebelah makam itu, ada lapangan bola voli yang ditembok. Lalu, ada jalan/gang yang menuju perumahan GriyaMas (Jalan Mustang). Nah, di lapangan bola voliitu merupakan tempat Terminal Sarijadi. Baca ceritanya di Sejarah dan Perkembangan Terminal Sarijadi.]

      Curug di Flat Sarijadi Blok H? Saya baru tahu.

      SD Ciwaruga teh dimana? Kalau tidak salah, Ciwaruga mah aya di utara Gegerkalong?! Apakah maksudnya SD Cijerokaso yang sekarang ada Masjid?

    • 3
      Anonim Says:

      punteun
      kang kalo soal cerita rumah kosong di cijerokaso tau gak. kalo dari cerita yang saya dengar sih pernah ada mahasiswa yg iseng main kesana sambil ngerekamin eh tau taunya ada pocong ketangkap kamera.
      rumah kosong cijerokaso yang ada mobil tua di halamnnya tepatnya di belakang puskesmas sarijadi

      • 4

        Saya tidak tahu. Kurang lihat perkembangan. Di belakang puskesmas Sarijadi mah dulunya sawah. Kemarin malam saya lewat sana. Nggak ada apa-apa.

    • 5
      Alloy Says:

      Namanya SD cijerakaso dan masjid namanya Al Aqso

  2. 6
    siti maesaroh Says:

    mhun,sy asli orang cijerokaso tp skrng tinggal kenangan krn dah pindah. sya ingat sd cijerokaso memang pemakaman,termasuk masjid al aqso,itu dibongkarin wktu sy msh belum sekolah,sya ingat cerita si teteh wktu msh sklah dsna nyeritain kondisi2 makam yng dibongkar,soalnya dia liat, mlah wktu pmbongkaran bnyak anak sd yg kesurupan. klo dpikir2 kok segitunya ya manusia, orang udah pada meninggal aja masih digusurin juga, gak takut kuwalat apa

  3. 7
    zhie Says:

    Sarijadi….. 8 tahun sudah hijrah dari sana. Klo ada yg penasaran mistis, silah kan d coba di bekas rumah saya d jl. Sariasih 1 no 1.

  4. 8
    Sakang Sofyan Flat Blok N Says:

    betul. ini satu sisi lain lagi sebagai kenangan di sarijadi. dan hanya di sarijadi 80an saya mengalami hal yg kebanyakan org susah percaya. di tempat waktu saya tinggal yaitu flat blok n ada beberapa rumah yang kebetulan kosong terbengkalai dan tidak terkunci,akhirnya menjadi semacam tempat anak-anak sampai pemuda berkumpul ‘nangkring’..tapi rasa2nya dulu kalau berkumpul membawa hal2 yg produktif dan positif. tidak seperti anak2 sekarang yang jadi palalaur kalau kumpul.
    pernah sampai lupa waktu, karena betah berkumpul teman sesama anak ingusan. ceritanya sementara yang lain duduk2 di ruang utama, seorang dari kami (Nandang namanya, ada yg kenal? heheh)malah ‘ngadaweung’ di jendela dapur belakang yang standarnya pada rumah flat memang tanpa penutup apapun layaknya sebuah jendela.terlihat katanya ada perempuan di glonteng (ground tank/penampung air di belakang flat) lagi duduk2, sambil liatin kesini katanya,dengan nada biasa karena belum “sadar”. butuh beberapa detik untuk kita semua berpikir mencerna apa yg dia liat karena tanpa dikomando semua serentak ambil langkah seribu menuju rumah masing2 diiringi suara tertawa yang panjang dari arah ‘glonteng’. yg tertinggal tentu saja teman kami Nandang yang entah bagaimana besoknya tidak masuk sekolah karena sakit. haduh hampura nang… masih ada lagi cerita lain yang kini masih teringat dalam memori untuk sarijadi.. nuhun admin saya ijin share pengalaman..

  5. 9
    Anonim Says:

    Memang tak kan habis cerita cerita tentang tempat yang dulu pernah aku diami sebagai warga sarijadi Blok 12

  6. 10
    Jagd Says:

    Kalau gak punya indera keenam sih, santai aja.

  7. 12
    ??? Says:

    Hantu itu tidak ada kalo. Kalo gak percaya tengah malem kumpul di patung kerbau di kota baru saya mau foto di situ untuk membuktikan

  8. 13
    Anonim Says:

    Mau numpang cerita ah… (Kisah NYATA)
    Tahun 2008-2013 saya nge Kos di daerah sukamulya jaraknya sekitar 2KM dr sarijadi, tapi emang dasar aja sekitaran sarijadi horornya masih masuk radar sarijadi.. Hahaha..
    Langsung ke cerita aja. Pas malem2 sekitar jam 10an gt saya lg asik2nya nonton tv di kamar kos, dengan lampu dalam keadaan dimatikan, kebetulan kamar saya kamar paling hoki, ada balkon nya di lantai 2. Oiya kos saya masuk gang sekitar 50meteran dari jalan/komplek sukamulya. Sekedar informasi aja Di komplek itu kalo malem serem nya kaga nahannnn… Ditambah udara dingin plus suka ada asep2 ga jelas gt.. Apalagi di gang pas mau masuk ke kosan saya, dimalam2 tertentu suka kecium bau bunga2 gt.. Kadang kemenyan.. Aroma nya kuat bangeeettttttt ditambah kondisi lingkungan sekitar yg mendukung. Hahaha.. Back to story, pas saya lg ntn tv tiba2 saya denger dr luar kaya ada suara burung gt.. Antara burung atau ayam atau apa gt lah ga jelas.. Cekikikan.. Dan itu bukan sekali atau 2x aja saya alami selama ngekos di daerah sukamulya.. Pernah juga pas malem2 bgt saya uda siap mau tidur tiba2 ada yg nge lempar pasir ke jendela, padahal antara balkon ke jendela ada jarak dan dipasang tirai bambu.. Ko pasirnya bisa tembus tirai bambu dan kena ke jendela.. Sungguh aneh. Saya ga ambil pusing sih cuma rada risih aja. Isengnya kebangetan…

  9. 15
    Mang Indra Says:

    Teman SMU saya jg dulu pernah liat pocong waktu nongkrong malem2 deket SMU 15. Dia liat sosok putih keluar dari arah Cibarunai, dia & teman2 nya kira itu orang, makin lama makin mendekat sampe akhirnya dia & teman2nya sadar krn liat ikatan bagian atasnya. Akhirnya yg nongkrong pada bubar lari terbirit-birit sampe lupa sama kopi, rokok & gitar yg ketinggalan di lokasi 😀

    SDN Cijerokaso jg waktu mau dibangun mesjid banyak kejadian aneh. Salah satu yg jadi “pawang”nya buat ngeberesin tuh warga Blok 16, orang Banten tapi saya lupa namanya. Sekarang orangnya sudah almarhum

    • 16
      Alloy Says:

      Sarijadi memang dulu mah serem banget, apalagi pas malam,saya pindah ke sarijadi tahun 1980 dan rumah susun belum ada waktu itu, duli ada beberapa tempat serem di sarijadi diantaranya terdapat 2 pohon beringin 1 blok 4 belakang smp pasundan 12, dan satunya lagi di tanjakan surya setra sekarang, sering muncul penampakan di daerah tersebut, seperti pocong, kuntilanak, dan anak hitam, kaka saya mengalami sendiri kejadian ini, dulu di jalan raya blok 4 di depan smp pasundan 12 ada pegawai yang menjadi supir di intansi militer, biasanya kalau pulang kerja mobil truknya diparkir di pinggir jalan tersebut, kebetulan kaka saya sedang jaga malam waktu itu karena daerah sarijadi masih rawan, ketika melewati jalan di depan smp pasundan 12 kaka saya melihat seperti ada yang menyetir truk tersebut, kaka saya waktu itu berpikir masa jam 1/2 2 malam ada yang nyetir truk yang sedang diparkir, karena curiga kaka saya mendekati truk tersebut, setelah di dekati dan disenter ke arah truk tersebut ternyata kaka saya melihat kepala tanpa badan tepat berada di atas jok supir, langsung kaka saya balik kanan deh dan semenjak kejadian tersebut selama 1 minggu kaka saya tidak berani keluar malam. Masih di kawasan yang sama bahwa di daerah blok 09 dan blok 10 beberapa kali muncul penampakan kuntilanak, terutama di daerah gang 4 dan lapangan rw 04 saya dan temen temen bilangnya si nyai dan saya mengalami kejadian ini kira kira tahun 1994, waktu itu saya dan temen temen lg main tenis meja sampai malam, kira kira jam 1/2 12 terdengar suara anak ayam, saya dan teman teman mencoba mendekati suara tersebut, namum ketika mendekati suara tersebut sesuatu terlihat seperti kain putih terbang sambil ketawa yang bikin bulu kuduk merinding, langsung kita lari semua, meja pingpong pun belum sempet kita bereskan sampai sampai kita di tegor tuh sama pak rt ke esokan harinya, ternyata bukan kita aja yang sering melihat si nyai tukang nasi goreng juga sempet di liatin tuh sama si nyai bahkan ibu saya sendiri pernah ke surupan, setelah di sembuhkan oleh pak ustad dia bilang bahwa yang masuk ke tubuh ibu saya adalah si nyai, dan keberadaan si nyai sampai sekarang masih ada di kawasan blok 09 dan blok 10, karena beberapa warga masih sering diliatin wujudnya. Tak jauh dari blok 10 ada blok 12 dan blok 11 tepat di pinggir jalan blok tersebut dulu ada pohon pinang, warga menyebutnya pohon jambe dua, disana juga sering muncul penampakan sekarang sudah ditebang, dan di jalan tersebut beberapa kali terjadi kecelakaan bahkan sampai sekarang, sarijadi dulu memang menyimpan misteri.

    • 17
      Alloy Says:

      Sarijadi memang dulu mah serem banget, apalagi pas malam,saya pindah ke sarijadi tahun 1980 dan rumah susun belum ada waktu itu, duli ada beberapa tempat serem di sarijadi diantaranya terdapat 2 pohon beringin 1 blok 4 belakang smp pasundan 12, dan satunya lagi di tanjakan surya setra sekarang, sering muncul penampakan di daerah tersebut, seperti pocong, kuntilanak, dan anak hitam, kaka saya mengalami sendiri kejadian ini, dulu di jalan raya blok 4 di depan smp pasundan 12 ada pegawai yang menjadi supir di intansi militer, biasanya kalau pulang kerja mobil truknya diparkir di pinggir jalan tersebut, kebetulan kaka saya sedang jaga malam waktu itu karena daerah sarijadi masih rawan, ketika melewati jalan di depan smp pasundan 12 kaka saya melihat seperti ada yang menyetir truk tersebut, kaka saya waktu itu berpikir masa jam 1/2 2 malam ada yang nyetir truk yang sedang diparkir, karena curiga kaka saya mendekati truk tersebut, setelah di dekati dan disenter ke arah truk tersebut ternyata kaka saya melihat kepala tanpa badan tepat berada di atas jok supir, langsung kaka saya balik kanan deh dan semenjak kejadian tersebut selama 1 minggu kaka saya tidak berani keluar malam. Masih di kawasan yang sama bahwa di daerah blok 09 dan blok 10 beberapa kali muncul penampakan kuntilanak, terutama di daerah gang 4 dan lapangan rw 04 saya dan temen temen bilangnya si nyai dan saya mengalami kejadian ini kira kira tahun 1994, waktu itu saya dan temen temen lg main tenis meja sampai malam, kira kira jam 1/2 12 terdengar suara anak ayam, saya dan teman teman mencoba mendekati suara tersebut, namum ketika mendekati suara tersebut sesuatu terlihat seperti kain putih terbang sambil ketawa yang bikin bulu kuduk merinding, langsung kita lari semua, meja pingpong pun belum sempet kita bereskan sampai sampai kita di tegor tuh sama pak rt ke esokan harinya, ternyata bukan kita aja yang sering melihat si nyai tukang nasi goreng juga sempet di liatin tuh sama si nyai bahkan ibu saya sendiri pernah ke surupan, setelah di sembuhkan oleh pak ustad dia bilang bahwa yang masuk ke tubuh ibu saya adalah si nyai, dan keberadaan si nyai sampai sekarang masih ada di kawasan blok 09 dan blok 10, karena beberapa warga masih sering diliatin wujudnya. Tak jauh dari blok 10 ada blok 12 dan blok 11 tepat di pinggir jalan blok tersebut dulu ada pohon pinang, warga menyebutnya pohon jambe dua, disana juga sering muncul penampakan sekarang sudah ditebang, dan di jalan tersebut beberapa kali terjadi kecelakaan bahkan sampai sekarang, sarijadi dulu memang menyimpan misteri.

  10. 18
    Anonim Says:

    Saya baca blog ini excited bangeeet~ secara saya juga anak Sarijadi Blok 25…Anyway, salam kenal ya Kang! 😀
    Tp skrg sih saya udah pindah ke KPAD Gegerkalong… Hehehe… Cerita soal kisah misteri di Sarijadi, emg iya sih ada, dan kebetulan di sekitar kompleks saya jg ada tempat pemakaman… Tp suasananya (dulu sih) creepy gitu, krn pemakaman lama… Rp skrg Sarijadi uda padet bgt, jd ga begitu takut kalo skrg… Hehehe


RSS Feed for this entry

Tinggalkan komentar